PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER (S2) DAN DOKTOR (S3) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA MEDAN TAHUN AKADEMIK 2021-2022

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER (S2) DAN DOKTOR (S3) UIN SUMATERA UTARA MEDAN TAHUN AKADEMIK 2021-2022

A.  JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU

  •  Pendaftaran dan Pembayaran : 03 Mei s.d. 30 Juli 2021
  •  Finalisasi Pendaftaran : 03 Mei s.d. 31 Juli 2021
  •  Pelaksanaan Ujian Tulis Online : 11 Agustus 2021
  •  Pelaksanaan Ujian Lisan/Wawancara : 12 Agustus 2021
  •  Pengumuman Kelulusan : 20 Agustus 2021
  •  Pembayaran SPP dan Pendaftaran Ulang Online : 25 s.d. 31 Agustus 2021

B.   PERSYARATAN AKADEMIK

1.   Calon Mahasiswa Program Magister (S2)

a.   Lulusan program Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang diakui pemerintah dengan program studi yang telah terakreditasi dalam disiplin ilmu yang sebidang atau tidak sebidang dengan program studi yang di pilih.

b.   Memiliki IPK lebih besar dari 2.75.

c.   Surat Rekomendasi S2 dari 2 orang Guru Besar (format terlampir) diupload saat pendaftaran ulang bagi yang dinyatakan lulus.

d.       Proposal rencana tesis/wawancara akademik

2.   Calon Mahasiswa Program Doktor (S3)

a.   Lulusan program Magister (S2) dari perguruan tinggi yang diakui pemerintah dengan program studi yang telah terakreditasi dalam disiplin ilmu yang sebidang atau tidak sebidang dengan program studi yang di pilih.

b.   Memiliki IPK lebih besar dari 3.00.

c.   Surat Rekomendasi S3 dari 2 orang Guru Besar (format terlampir) diupload saat pendaftaran ulang bagi yang dinyatakan lulus.

d.   Proposal rencana disertasi.

C.  JADWAL DAN MATERI UJIAN

*) Dilaksanakan oleh fakultas masing-masing berdasarkan Pilihan-1 pendaftar

D.  BIAYA PENDAFTARAN DAN TATA CARA PEMBAYARAN

Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank BSI Eks BNI Syariah sesuai dengan Program dan Kode Pembayaran berikut:

I.   Tatacara Pembayaran secara manual melalui Teller Kantor Bank BSI Eks BNI Syariah

1.   Pendaftar mengisi slip pembayaran dengan Besaran Biaya Pendaftaran dan Kode Bayar di atas.

2.   Jika belum jelas, silahkan bertanya kepada petugas Bank BSI Eks BNI Syariah tentang tatacara pengisian slip pembayaran.

3.   Setelah pembayaran, akan muncul ‘username’ dan ‘password‘ pada slip pembayaran, yang akan digunakan untuk Login di Portal Pendaftaran Online pada laman website: http://www.pmb.uinsu.ac.id. Contoh slip pembayaran sebagai berikut:

Catatan:

–     Alamat kantor Bank BSI Eks BNI Syariah di seluruh Indonesia dapat dilihat pada laman: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/kontak/lokator/cabang

II.  Tatacara Pembayaran melalui mesin ATM (baik ATM BSI Eks BNI Syariah maupun BNI Konvensional)

      1.   Masukkan kartu

      2.   Tekan PIN

      3.   Pilih Menu pembayaran

      4.   Pilih Universitas

      5.   Pilih SPC

      6.   Tekan 4008 diikuti nomor “Kode Bayar”.

            –    (S2 Reguler, Kode Bayar= 0206)

            –    (S2 Non-Reguler, Kode Bayar= 0505)

            –    (S3 Doktor, Kode Bayar = 0307)

      7.   Jika sudah sesuai nama dan nominal tekan BENAR.

      8.   Lakukan pembayaran

      9.   Selesai

E.  TATA CARA PENDAFTARAN

1.   Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan Bukti Slip Pembayaran, lakukan Pendaftaran secara online pada laman website: http://pmb.uinsu.ac.id.

2.   Pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’, isikan ‘username’ dan ‘password’ yang ada di Bukti Slip Pembayaran bank.

3.            Klik tombol ‘Login’ dan kemudian anda akan masuk ke Form pendaftaran sebagai berikut.

Field yg mempunyai tanda Bintang (*), wajib diisi, Isikan data dengan Benar dan Lengkap (akan diverifikasi), Foto yang diupload berbentuk Pas Foto.

Catatan : Field yg mempunyai tanda Bintang (*), wajib diisi. Isikan data dengan Benar dan Lengkap (ketika lulus akan diverifikasi) Foto yang diupload berbentuk Pas Foto.

4.  Isi seluruh Form, (klik ‘Next’ hingga Form/Page ke-7). Seperti form dibawah ini :

5.  Download dan Print Kartu Ujian. Kartu Ujian dan tanda pengenal (KTP) dibawa ketika mengikutiUjian.

*di dalam kartu ujian terdapat beberapa informasi tentang jadwal, jam dan tempat penyelenggaraan ujian, dan materi ujian.

Demikian Pengumuman ini disampaikan, apabila terdapat hal-hal yang perlu diperjelas silahkan bergabung pada group Telegram  https://t.me/UjianMasukS2S3DaringUINSU

Donwload lampiran disini :

1.   Surat Rekomendasi S2

2.   Surat Rekomendasi S3